Pendatang baru kelas entry level ini cukup menjanjikan. Produk yang bernama Tecno Spark mengeluarkan 2 varian untuk di Indonesia saat ini, yaitu Tecno Spark 6 go dan Tecno Spark 5 pro dengan beberapa opsi RAM.

Padahal, Tecno memeiliki banyak varian smartphone seperti Camon, Pova, Phantom, POP dan Spark.

Berdasarkan informasi, Tecno Spark masih saudaraan dengan pendahulunya Infinix, ponsel yang sudah lama beredar di Indonesia. Pabrik mereka sama, dan garansinya Tecno Spark pun nebeng di Infinix Indonesia.

Kemarin saya mengambil 1 unit Tecno Spark 6 go dengan RAM 4 dan ROM 64 GB. Warna yang tersedia hanya ada 3 yaitu,  Ice Jadeitte, Mystery White dan Aqua Blue, saya akhirnya memilih Aqua Blue.

Kesan Awal Terhadap Tecno Spark 6 Go

Smartphone ini cukup besar, dengan ukuran layar 6,52 inci, dan menggunakan panel IPS dengan resolusi HD+. Ukuran resolusi 720 x 1600 pixels dengan kerapatan pixel 269 ppi. Layar sudh Corning Gorillas 3

Body plastik solid, finishing cukup rapi. Ketebalan bezel standart seperti pada umunya. Kamera depan masih gunakan poni atas dgn ukuran 8MP

Nah, lucunya adalah, simtray tidak sama dengan smartphone kebanyakan saat ini. Tecno masih meletakkan sim docknya didalam body belakang, artinya kita kudu membuka case body belakang seperti layaknya hp jadul. Namun, baterenya tetap tanam kog, dengan ukuran 5000mAh, cukup lah buat sehari hari.

Pendatang baru Tecno Spark 6 Go
letak SIM dan batere

Kamera belakang hanya berukuran 13MP dengan difragma 1.8 autofokus. Oh ya, kamera belakang hanya ada 2 yaitu kamera utama dan depth sensor, serta 1 blitz.

Setelah dicoba, kualitas kamera cukup bagus untuk ukuran entry level, low light masih bisa dikompromikan. Hasil indoornya sangat terang. Fitur kamera AI Beautynya tidak terlalu bagus menurut saya, namun cukup bisa diandalkan.

Fitur AI Scenenya cukup bisa mengenali hampir 18 pemandangan yang berbeda dengan akurasi yang mendekati 100%

Hadir dengan Android 10, namun ver Go Edition HIOS 6.2, begitu di hidupkan, parameter setting awal hampir sama dengan smartphone kebanyakan kog. Namun ternyata ada sedikit kelemahan, nanti akan saya ulas di akhir artikel ini.

Pendatang baru Tecno Spark 6 Go
5000mAh Great Power

Processor yang digunakan MediaTek Helio A25 berbeda dengan yang versi RAM 2 yang hanya menggunakan Helio A20. Perpindahan layar saat di swipe bagus dan smooth. Pilihan wallpaper cukup beragam.

Port charger masih menggunakan microUSB, padahal saya berharap USB type C, karena versi ini lebih memudahkan.

Pendatang baru Tecno Spark 6 Go

GPS cukup bagus dan akurat, sudah saya coba di berbagai lokasi, pointing satelit standart seperti smartphone kebanyakan.

Untuk ukuran harga segini Tecno Spark meniadakan Gyroscope ya, sensornya hanya ada accelerometer dan proximity, jangan berharap banyak deh 😛

Kekurangan Tecno Spark 6 Go

Setelah selesai mensingkronkan email dan lain sebagainya, saya mulai memasang aplikasi2 sehari hari yang umum dipakai, seperti media sosial, aplikasi chat, dan lainnya.

Whatsapp tanpa kendala, mulai FB, IG, Pinterest hingga apliasi marketplace like Shopee, BL dan Tokped semua normal. Aplikasi transportasi pun idem, seperti Traveloka, Gojek, Grab, Lion Air dll.

Nah kendala mulai muncul saat saya menginstal Grab Driver. Saat searching di Playstore, aplikasi ini tidak ada, seakan akan sembunyi. Padahal Grab Merchant, atau Grab klien keluar seperti biasa.

Akhirnya saya akali sendiri dengan cara searching di google dgn nama aplikasi Grab Driver, dan muncul link untuk ke Play store. Saat di klik, keluarlah seperti pic dibawah ini 😛

Pendatang baru Tecno Spark 6 Go
Tecno Spark 6 Go tidak kompatible dengan Grab Driver

Awalnya saya cukup bingung, kenapa tidak sesuai dengan ekspektasi ? Dengan smartphone kekinian, android 10, RAM 4 justru ngga cocok dengan aplikasi Grab Driver.

Akhirnya saya coba beberapa metode, pertama system saya update secara OTA, dan benar setelah deteksi, ada update-an sebesar 186MB, ok deh langsung aja update.

Namun setelah sinkronisaso update selesai, juga tidak membantu. Grab driver tetap dianggap tidak kompatible dengan Tecno Spark.

Cara kedua yang saya lakukan adalah install aplikasi dari luar Play Store, walopun secara keamanan cukup riskan, karena tidak resmi rilis di dalam Playstore.

Setelah saya temukan aplikasi di APKpure, saya cek dulu ver update-an nya, ternyata sama dengan versi yang di Playstore. Dan baru saya berani download direct ke smartphone dan install, dan TARAAAAA !!!!

Ternyata berhasil !!! Berhasil !!!! Berhasil !!!…….

Akhirnya saya analisa secara simple saja, Android 10 ver Go edition inilah yang membuat ketidak kompatible-an Tecno Spark 6 go dengan Grab Driver, apalagi Tecno menggukan OS mandiri yaitu HIOS ver 6.2

Kelemahan ini cukup mengganggu, apalagi bagi bagi driver ojekonline pengguna smartphone yang kurang paham masalah solving problem

Harapannya adalah Tecno memperbaharui OS mereka supaya support ATAU Grab mengupdate minor di aplikasi mereka.

Tapi secara umum, Tecno Spark 6 Go cukup layak untuk ditebus atau dimiliki. Karena selain after salesnya yang terjamin, kualitas smartphonenya pun sangat bisa bersaing dengan merk yang selevel seperti Xiaomi A series maupun Realme seri C

Tecno Spark 6 Go

Rp 1.399.000
8

Harga

7.7/10

Finishing Unit

7.7/10

Kelengkapan

8.5/10

KELEBIHAN

  • Kamera dgn diafragma bokeh
  • Batere Badak
  • Harga Bersaing

KEKURANGAN

  • Simtray di case belakang
  • Kualitas plastik bodi biasa saja
  • Sementara tidak kompatible dengan Grab Driver