Life

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi

71
×

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi

Share this article
Rumah HOS Cokroaminoto
Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto adalah salah satu tempat bersejarah yang patut dikunjungi bagi para penggemar sejarah dan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Terletak di Jalan Peneleh, Surabaya, rumah ini menjadi saksi bisu perjuangan HOS Cokroaminoto dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto awalnya merupakan kediaman pribadi HOS Cokroaminoto, seorang tokoh pergerakan nasional dan salah satu pendiri Partai Sarekat Islam (PSI). Rumah ini dibangun pada tahun 1920-an dan menjadi tempat berkumpulnya para tokoh pergerakan nasional saat itu. Selama masa perjuangan kemerdekaan, rumah ini juga digunakan sebagai markas gerakan perlawanan terhadap penjajah.

Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto telah menjadi tempat bertemunya sejumlah tokoh penting kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh tersebut antara lain:

  • Soekarno: Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, pernah tinggal dan belajar di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Tempat ini menjadi salah satu tempat di mana Soekarno bertemu dengan tokoh-tokoh penting nasional lainnya.
  • Semaoen: Tokoh pergerakan nasional, Semaoen, juga pernah tinggal di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Rumah ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional dan agama.
  • Alimin: Alimin, tokoh pergerakan nasional, juga pernah tinggal di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Rumah ini menjadi saksi dari sejumlah tokoh-tokoh penting yang pernah tinggal atau indekos di sana.
  • Musso: Musso, tokoh pergerakan nasional, juga pernah tinggal di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Rumah ini menjadi tempat bertemunya sejumlah tokoh penting kemerdekaan Indonesia.
  • Kartosoewirjo: Kartosoewirjo, pendiri Darul Islam, juga pernah tinggal di rumah H.O.S. Cokroaminoto. Rumah ini menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional dan agama.

>>> Minyak Tamanu

Keunikan Arsitektur Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto memiliki arsitektur yang khas dengan sentuhan budaya Indonesia. Bangunan ini menggabungkan gaya arsitektur Eropa dengan unsur-unsur tradisional Indonesia. Bagian dalam rumah juga dihiasi dengan berbagai lukisan dan benda-benda bersejarah yang menggambarkan perjuangan HOS Cokroaminoto dan pergerakan nasional.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi

Koleksi dan Pameran Rumah HOS Cokroaminoto

Rumah Sejarah HOS Cokroaminoto menyimpan berbagai koleksi dan artefak bersejarah yang terkait dengan perjuangan HOS Cokroaminoto dan pergerakan nasional. Pengunjung dapat melihat berbagai foto, dokumen, dan benda-benda bersejarah lainnya yang memberikan gambaran tentang kehidupan dan perjuangan HOS Cokroaminoto pada masa itu.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi
Tempat bertemunya sejumlah tokoh penting kemerdekaan Indonesia

Makna dan Pesan Rumah Hos Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto bukan hanya sekadar tempat bersejarah, tetapi juga memiliki makna dan pesan yang dapat diambil. Melalui kunjungan ke rumah ini, kita dapat mempelajari nilai-nilai perjuangan, keberanian, dan semangat nasionalisme yang ditanamkan oleh HOS Cokroaminoto. Rumah ini juga menjadi pengingat akan pentingnya menjaga dan menghargai sejarah bangsa.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi
Loteng atas, dimana Bung Karno tidur selama ngekost di Rumah Hos Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto adalah tempat yang penting untuk dikunjungi bagi para penggemar sejarah dan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Dengan mengungkap jejak perjuangan HOS Cokroaminoto, kita dapat memahami lebih dalam tentang sejarah pergerakan nasional dan nilai-nilai yang diwariskan oleh beliau.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi
Kamar atas tempat tidurnya Bung Karno

Rumah HOS Cokroaminoto telah dipertahankan sebagai warisan sejarah melalui beberapa langkah. Pada tanggal 27 November 2017, walikota Surabaya meresmikan rumah peninggalan HOS Cokroaminoto sebagai museum sejarah di Surabaya. Museum ini dilengkapi dengan buku-buku tentang tokoh pergerakan nasional, seperti HOS Cokroaminoto, Ir. Soekarno, dan Douwes Dekker. Rumah tersebut diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi
Kamar tidur HOS Cokroaminoto

Rumah HOS Cokroaminoto, yang terletak di Jalan Peneleh VII nomor 29 Surabaya, telah disulap menjadi museum sejarah. Rumah ini merupakan kediaman pahlawan pergerakan Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Rumah tersebut menjadi tempat belajar bagi para tokoh muda perintis kemerdekaan, termasuk Soekarno. HOS Cokroaminoto sendiri dikenal sebagai tokoh nasionalis dan muassis atau pentolan organisasi politik, Sarikat Islam.

Rumah HOS Cokroaminoto, Situs Yang Wajib Dikunjungi

Rumah HOS Cokroaminoto memiliki nilai sejarah yang penting. Didirikan lebih dari seabad yang lalu, tepatnya pada tahun 1907, rumah ini memiliki usia yang cukup tua namun masih terawat dengan baik. Bangunan ini memiliki arsitektur yang klasik dan pahatan yang indah.

Dengan dijadikannya rumah HOS Cokroaminoto sebagai museum sejarah, nilai-nilai sejarah dan perjuangan nasional yang terkait dengan tokoh ini dapat dilestarikan dan dipelajari oleh generasi masa kini dan mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.