Photo atau image untuk materi bisnis biasanya sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis online.

Kegunaannya bisa diadopsi ke bermacam macam penggunaan,misal :

  1. Untuk materi promosi
  2. Untuk materi blog / essai
  3. Materi sekunder produk
  4. Dll

Sedangkan dari sisi legalitas dan sisi hukum, ada bermacam pendapat hingga saat ini.

Ada yang berpendapat bahwa image yang beredar di dunia maya, yang di atau ter posting melalui media sosial atau website adalah salah satu source yang “sah-sah” saja untuk di re-use, kecuali image dengan watermark jelas mempunyai nilai copyright disana, atau image yang di upload melalui akun image hosting profesional seperti flickr. Jelas image tersebut memiliki nilai “kepemilikan yang sah”.

Itu sebabnya, banyak penyedia image / stock foto yang menjual aneka image di web mereka. Dengan legalitas yang biasanya “free of copyrights under Creative Commons CC0” artinya image tersebut memang tidak terikat dengan siapapun, dan tidak bersinggungan dengan royalti apapun.

Jadi kita bisa membayar sistem bulanan atau sistem bayar /image untuk mendapatkan materi photo yang kita inginkan. Salah satu web penyedia layanan ini yang cukup populer adalah : shutterstock

Sulitnya adalah, kadang dengan bea yang kita keluarkan serasa berat untuk mendapatkan image yg diinginkan, apalagi bagi pelaku bisnis online yang baru mulai starting. Mereka cenderung mencari ver gratisan. Hal ini ditunjang pula dengan sifat manusiawi kita yang memang “suka” dengan yang gratisan, kayak kamu dan saya ?

Nah dibawah ini ada beberapa pilihan website penyedia image / stock foto gratisan yang bisa dicoba :

  1. librestock
  2. pixabay
  3. freeimages
  4. pexels
  5. unsplash
  6. gratisography
  7. dreamstime
  8. stokpic
  9. morguefile
  10. stocksnap
  11. foodiesfeed
  12. istockphoto
  13. pikwizard.com

Silahkan share jika merasa bermanfaat ya