Apa sih social media expert itu ?

Secara awam, kita bisa saja mengartikan mereka adalah sebagai ahli media sosial, atau pengguna media sosial yang hebat

Apakah sebatas itu ? Apakah hanya kemampuan dan kehebatan dalam pengetahuan ber-media sosial ?

Menurut saya ada beberapa hal yang bisa dikategorikan expert dalam konteks media sosial

Social Media Expert

Secara Teknis

Di Indonenesia, mulai anak anak, abg hingga kalangan dewasa sudah cukup memahami dalam menggunakan media sosial. Perbedaannya hanya diliat dari penguasaan teknis, yang biasanya sejalan dengan jam terbang dalam menggunakan media sosial. Tidak sedikit, banyak pengguna fb aktif yang tidak mempunyai akun twitter, karena apa? Karena mereka belum memahami istilah retweet dan mention di twitter.

Padahal secara umum sama saja dengan media sosial yang lain, namun kadang masing masing platform menggunakan istilah yang berbeda khan ? Nah pengguna aktif seperti ini, yang biasanya menguasai secara teknis dalam bermedia sosial. Mereka mengerti fungsi masing2 tombol, fungsi panel di akun media sosial mereka

Secara Bisnis

Tidak dipungkiri, bahwa bisnis online yang menggunakan media sosial cukup banyak sekali di sini. Mulai dari penjualan online, kirim traffic menggunakan medsos, pemasaran jasa via medsos, penjualan media digital dan lain lain.

Cukup banyak praktisi media sosial yang peka dan mudah membaca peluang di medsos. Mereka bisa mengkonversi media sosial menjadi sarana untuk menghasilkan uang. Jikalau mereka sudah dalam zona aman, dan bisnisnya jalan, maka biasanya-pun mereka membuka ecourse atau pelatihan bagaimana membuat medsos bisa menghasilkan uang bagi kalangan pemula. Mungkin kamu salah satunya ?

Secara Moral

Secara humanis menggunakan medsos. Sudah banyak peristiwa yang diupload netizen ke media sosial dan menjadi viral. Apa saja ? bisa kejadian sedih, peristiwa yang membangkitkan semangat, foto dan video bukti jika terjadi wanprestasi dalam institusi di Indonesia, pasien miskin yang perlu bantuan segera dll

Dan rata rata, motif sang pengupload atau pemosting konten viral ini biasanya ada “feeling” bahwa “kejadian” ini ngga biasa, kejadian ini harus disebarkan, peristiwa ini Indonesia harus tahu.

Itu juga yang membuktikan bahwa sifat asli Indonesia adalah ramah dan gotong royong, jadi jika ada sesuatu hal yang tidak lazim yang memerlukan penanganan segera, atau perlu perhatian secepat mungkin, maka mereka akan segera men-share berita tsb

Secara Edukasi

Pasti kamu sering menemukan akun medsos yang selalu memposting konten yang mengedukasi kita, ntah itu share info, share ilmu, dll

Kalangan ini juga terdiri dari beberapa jenis sih. Bisa pure dari kalangan pendidik, bisa juga idealis jiwa pada saat aktif didunia maya, banyak juga yang emang merupakan praktisi online ataupun bisnis online.

Coba deh kamu perhatikan kalo si A adalah praktisi bisnis online. Dia akan aktif melakukan share dan membangun komunikasi yang baik dengan audience, pernah menemukannya ?

Walaupun ujung2nya jualan, tetapi tetap dalam konteks ini, dia melakukan kemampuan expert-nya dalam bermedia sosial

Nah, kalo kamu kira kira masuk kategori sosial media expert yang mana ?