Membuat video opener itu ada yang mudah dan ada yang susah, tergantung aplikasi yang kita gunakan. Video opener biasanya di pakai untuk keperluan opening video di youtube, projek development, presentasi dan lain lain.

Banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video opener ini. Misal seperti After Effect, Powerpoint, Aplikasi khusus Video, Easy Sktech dan lain sebagainya.

Disini saya akan mengulas 1 aplikasi untuk membuat video opener secara mudah. Kenapa mudah ?

Karena hanya menggunakan aplikasi berbasis website, yang disana sudah ada template siap pakai lengkap dengan audionya. Teman teman juga bisa membuat sendiri dari nol, jika memahami alurnya.

Berhubung saya masih mengeksplorasi penggunaan template, maka saya hanya akan menjabarkan dari sisi templatenya saja.

Pertama buka link panzoid.com , dan akan terbuka halaman depan lengkap dengan berbagai jenis video opener yang sudah ada.

Silahkan pilih dan klik salah satu template video opener yang diinginkan. Jika sudah terbuka halaman pilihan video tersebut, lalu klik  Open in Clipmaker

video opener

klik tombol ini

Setelha diklik, maka kita akan dibawa ke halaman browser baru. Untuk melihat preview seperti apa tampilan video, silahkan klik gambar mata dan kemudian play.

melihat preview

melihat preview

Jika pilihan tersebut sudah sesuai, kita bisa lanjutkan kelangkah berikutnya. Jika belum, silahkan cari lagi video video yang lain.

Kemudian, jika kita ingin mengedit video tersebut sehingga sesuai dengan tagline atau kehendak kita, silahkan klik disebelah kiri, gambar frame kubus

Maka akan terbuka pilihan objek di window tab sebelahnya, silahkan cari group text, karena kita ingin mengubah text yang ada menjadi text kita

pilih text dan edit

pilih text dan edit

Kemudian klik Text template yang berisikan tulisan awal dari template ini, dan ganti isinya dengan kalimat / kata kita sendiri, dan akhiri dengan klik bidang kosong, supaya tersimpan.

klik dan edit isinya

klik dan edit isinya

Jika ada 2 atau lebih template text, silahkan ganti semuanya dengan kata yang sama. Sebagai contoh ini, ada 2 text template

Jika sudah silahkan preview lagi tampilan videonya seperti langkah diawal tadi.

Kalau dirasa sudah cukup, maka klik tombol download ini dan start video render

download

download

Pasti teman teman bertanya, bagaimana jika kita ingin menggunakan logo ? atau mengganti lagu ?

Ada 2 cara, teman teman bisa membuat sendiri dari awal, atau silahkan mengotak atik menu pilihan disamping kiri. Disana teman teman bisa mengedit bentuk tampilan, warna, memilih background, memilih animasi dll

Artikel saya ini hanya sebatas memberikan kemudahan jika kita hanya menggunakan template yang sudah ada. Silahkan teman eksplorasi sendiri, analisa alurnya, karen aterus terang, saya belum selesai mempelajari, so belum bisa memberikan sharing yang lebih detail.

Semoga artikel ini membantu ya