Facebook tampaknya menguji fitur baru yang akan menggabungkan Facebook Messenger dengan WhatsApp dan memungkinkan pengguna untuk mengobrol di kedua aplikasi.

Jejaring sosial tersebut sebelumnya menyatakan bahwa mereka bertujuan untuk mendekatkan Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Dan menurut pengamat WhatsApp WABetaInfo, raksasa teknologi ini sedang menguji coba lintas platform. Namun, pembaruan atau update ini masih disembunyikan sehingga WABetaInfo mengatakan tidak jelas kapan penggabungan aplikasi ini akan terjadi.

Menurut kode yang ditemukan di dalam Messenger, Facebook sedang membangun basis data di dalam aplikasi yang dapat menyimpan informasi dari WhatsApp.

Facebook akan menggabungkan antara Messenger dengan Whatsapp

“Facebook dapat mengetahui detil dari Whatsapp misal, jika kontak WhatsApp diblokir, atau suara notif push hingga detail obrolan,” kata WABetaInfo. Itu termasuk juga informasi tertentu seperti nomor telepon kontak, jumlah pesan, dan chat obrolan yang diarsipkan. [tetapi tenang, tidak bisa mengetahui isi pesan atau chat yang sdh archive], anggota dari grup tertentu, dan gambar profil dari kontak. ’

Hmmm….berita yang menggembirakan atau malah mengerikan ?

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp sejauh ini masih merupakan platform perpesanan terbesar di dunia dengan lebih dari dua miliar pengguna.

Rencana untuk menyatukan layanan ini pertama kali di floorkan tahun lalu oleh Mark Zuckerberg dengan tema the integration as a personal project

Facebook akan menggabungkan antara Messenger dengan Whatsapp

Ketika ide ini di gulirkan, ia ingin agar semua pesan yang dikirim antara ketiga aplikasi dibawah perusahannnya melalui enkripsi sehingga hanya pengirim dan penerima yang dapat melihatnya.

Dan yang jelas, integrasi ini dapat merubah kebiasaan besar bagi para pengguna. Yang kita tau, whatsApp hanya memerlukan nomor telepon untuk mengatur atau mengedit akun, sedangkan Facebook mengharuskan kita untuk menggunakan identitas asli kita kan ?.