HostingREVIEW

Pindah Hosting Email Dari Google Ke Emailkerja

118
×

Pindah Hosting Email Dari Google Ke Emailkerja

Share this article
hosting email

Apa itu hosting email ?

Hosting email adalah layanan yang menjalankan server email dan menyediakan layanan email untuk individu dan bisnis. Ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima email menggunakan akun dengan domain email sendiri.

Contoh : Jika kita memiliki website dengan domain.com, maka kita juga memiliki email dengan [email protected]

Nah, kadang beberapa orang ada yang tidak memiliki website, namun ingin memiliki email bisnis seperti diatas, maka hosting email adalah jawabannya.

Apa perbedaan dengan email gratisan ?

Email gratisan / free email yang biasanya di sediakan oleh gmail, yahoo, windows, dll banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet. Namun untuk beberapa kepentingan seperti bisnis, menggunakan email seperti ini kurang mempunyai value dari sisi profesional dan legitimasi.
Bayangkan, jika kita memiliki usaha yang cukup besar dan terkenal, namun masih menggunakan layanan email yang gratis, tentu sedikit banyak menjadi tanda tanya bagi klien. Dari beberapa klien website saya, sudah bertahun tahun ini saya settingkan untuk memberikan kemudahan dalam mengakses email domain mereka memakai google.
Pindah Hosting Email Dari Google Ke Emailkerja
google workspace
Saat itu namanya masih Google Apps, yaitu kemudahan untuk menghubungkan domain ke server email google, sehingga pengguna bisa memakai email domain mereka via dahsboard google, dan saat itu layanan google ini masih gratis.
Seiring berjalannya waktu, Google Apps bertranformasi menjadi Google Workspace dan mulai menerapkan bea untuk layanan mereka.

Pindah Hosting Email.

Saat ini salah satu klien memutuskan pindah layanan hosting email. Juga karena ada andil saran dari saya, untuk menggunakan layanan lain yang lebih ramah dikantong. Karena saat ini bea Google Workspace untuk Starter Edition adalah sebesar $6/ akun email, jadi jika di 1 domain ada 10 akun email, artinya bea bulanan nya saja sudah $60.
Setelah riset dan mencari referensi masalah hosting email akhirnya saya putuskan untuk mencoba layanan dari EmailKerja, yaitu layanan hosting email mandiri dari Indonesia, yang juga merupakan 1 bisnis dengan layanan smtp Indonesia lainnya yaitu kirim.email.
Bea pun relatif murah, hanya sekitar Rp 150rb/ bulan atau Rp 600ribuan – an/tahun unlimited email akun, bandingkan dengan harga Google Workspace perbulan

Layanan Hosting Email dari EmailKerja.

Saat kita sudah membeli layanan email kerja, langkah pertama adalah menghubungkan domain kita dengan server emailkerja. Kemudian melakukan verifikasi domain yang memerlukan waktu 48 jam.

Pindah Hosting Email Dari Google Ke Emailkerja
EmailKerja

Setelah pihak emailkerja memverifikasi, maka perlu melakukan identifikasi dan koneksi antara domain dan email di DNS record. Ada beberapa record yang perlu kita rubah atau tambahkan supaya status DKIM (DomainKeys Identified Mail ) dan SPF (metode autentikasi email standar) bisa terbaca dan tervalidasi oleh emailkerja.

Disaat semu setting sudah beres, saya mulai melakuakn trial error pengiriman email untuk mencek kecepatan kirim, kevalid-an tujuan, apakah ada bounce nya, apakah deliver secara sempurna, dan lain sebagainya.

Support system dari emailkerja ini cukup membantu kog, jika kita ada pertanyaan atau ada sesuatu yang kurangp phama, mereka merespon dengan baik, walaupun kadang ada delay untuk masalah durasi respon. Dan, chat support ini selalu standby didalam dashboad emailkerja.

Ubtuk pengaturan atau setingan diatas, cukup rumit dan ribet jika anda tidak terbiasa dalam hal seperti ini, jika anda tidak begitu mengerti, bisa meminta bantuan kepada tim atau admi website anda.

Kesimpulan Layanan EmailKerja

Cukup sulit bagi anda yang belum terbiasa dengan backend website, atau area pengaturan dns. Dari segi verifikasi domain cukup lama yaitu sekitar 48 jam atau 2 hari kerja, misalkan saja cukup 24 jam mgk lebih baik.

Panduan lengkap disedikan oleh emailkerja. Jadi jika ingin mensetting sendiri, cukup ikuti panduan dari mereka.

Supportnya cukup bagus, mereka selalu ready membantu di jam kerja. Saya belum sempat mencoba, apakah diluar jam kerja mereka juga standby.

Harga sangat terjangkau dibandingkan fitur yang didapatkan. Dengan space 69gb, ulimited akun email dan multi domain, rasanya Rp 150rb/ bulan atau Rp 600ribuan – an/tahun cukup bagus

EmailKerja

150.000
8.3

Harga

9.0/10

Setting

7.0/10

Bantuan Support

9.0/10

KELEBIHAN

  • Supportnya bagus
  • Ada Panduan Lengkap

KEKURANGAN

  • Sedikit Ribet
  • Verifikasi agak lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.