Trik Mendapatkan Engagement Natural di Facebook

Bingung dengan shadow banned yang dilancarkan Instagram ?

Ya, beberapa hari lalu, para pegiat medsos berbasis image yaitu Instagram dibuat kalang kabut, karena adanya update internal dari IG yang membabat habis akun IG yang terdeteksi menggunakan BOT IG secara berlebihan.

Metode bot yang digunakan biasanya untuk penggunaan auto, misal autolike, autokomen, autofollow dan lain lain. Nah pemaksaan engagement ini yang tidak disukai IG. IG sangat menyukai engagement, tapi natural. Kehidupan bermedsos yang murni melibatkan emosi dan interaksi langsung diantara pengguna.

Branding Instagram

Tidak lama setelah itu, facebook pun mendapatkan badai yang sama, dimana engagement menurun, bisa dilihat dari interaksi yg minim, yang bisa disebabkan oleh penggunaan embed link yang berlebihan.

engagement

Padahal, share link adalah senjata para pebisnis online yang menggunakan medsos sebagai lahan cangkulnya.

Dibawah ini ada beberapa trik atau tips bagaimana kita merajut kembali potongan potongan engagement yang berserakan 😛

Trik ini saya rangkum dari beberapa source online yang membahas tentang badai anjloknya edgerank di fb

  1. Hindari lagi meletakkan link ke dalam postingan utama di fb
  2. Jangan meletakkan link dari web yang merupakan kompetitor dari fb, misal Google, YT, atau Twitter. Karena jelas, itu akan meningkatkan value web itu sendiri, dan facebook tidak suka hal itu.
  3. Photo atau video biasanya meningkatkan engagement, karena, semakin banyak orang yg mengklik “continue reading”, atau membolak-balik foto, atau melihat video, berkomentar atau ngelike , maka jika post tersebut kita iklankan di fb, akan semakin banyak iklan kita yg ditampilkan secara organik. Kita juga akan melihat CTR yang lebih tinggi, yang otomatis meningkatkan skor relevansi dan menurunkan biaya.
  4. Postingan yang menunjukkan sebuah proses “langkah” biasanya akan baik dan akan memungkinkan untuk mendapatkan jangkauan yang lebih. Contohnya adalah, “7 Langkah untuk PDKT kepada calon Istri yang didambakan.”
  5. Ketika ada user lain yang menyimpan postingan kita, ini adalah indikator dari interest yang bagus dan akan meningkatkan jangkauan.
  6. Pada umumnya, video sebenarnya akan menurunkan jangkauan karena adanya rule Facebook dan Facebook akan menampilkan lebih sedikit video disaat pengguna tidak terhubung ke Wi-Fi.
  7. Jangan gunakan aplikasi seperti Buffer untuk skejul postingan. Facebook membencinya dan akan mengacak acak reach dan engagement kita.
  8. Tanggapi setiap komentar di post kita. Ini akan meningkatkan value post dan koment serta meningkatkan sisi organiknya. 
  9. Berbicara tentang diri kita sendiri akan mendapatkan engagement yang sedikit.
  10. Jika kita ingin memposting sesuatu dengan link, tambahkan link di komentar dan tampilkan screenshot preview nya.
  11. Jam jam awal dari postingan Facebook atau iklan facebook adalah yang paling penting. Jika kita bisa menarik lebih banyak orang untuk mengunjungi postingan tsb, maka kita akan mendapatkan reach yang lebih banyak.