Apa maksud Demografi Ulang Tahun di Facebook ? Kita sering mendapatkan notifikasi ulang tahun seseorang di facebook kan? Sehingga kita bisa memberikan ucapan selamat di beranda mereka. Seberapa sering kita melakukan respon terhadap notif tersebut ?

Walaupun saya bukan pegiat online shop, dan saya bukan pelaku fb ads, namun kadang terlintas dipikiran saya mengenai 1 hal.

Bahwa notif itu bisa mendatangkan profit jika kita ramu. Contohnya begini …

Pernahkah anda menerima notif selamat ulang tahun dari penyedia jasa lokal / bisnis lokal yang dulunya anda register / mendaftar dan mengisikan tanggal lahir ?

Misal: …

Saya pernah berlangganan di suatu bengkel aki mobil, dimana sistem pendaftarannya terintegrasi online. Disaat saya berulang tahun, maka bengkel tersebut mengirimkan SMS / email berupa offer diskon ataupun free gift untuk cek atau tukar tambah aki baru, pernahkah anda menemui hal seperti ini ?

atau…

Bagi para pebisnis online, biasanya mendapatkan offer di email bertepatan dengan hari ulang tahunnya, yang isinya beraneka ragam, bisa diskon hosting, diskon domain, diskon member group dll

Namun jangan salah paham, pengiklanan fb ini tidak akan mengirim apapun berupa SMS ataupun email ke target yang berulang tahun, sesuai caranya, karena menggunakan demografi ulang tahun, maka iklan hanya akan muncul di beranda akun yang akan berulang tahun atau sedang berulang tahun

Kemungkinan ini bisa kita terapkan dalam bisnis online, khususnya para pegiat toko online ataupun dropship. Tidak perlu memiliki website, jika media jualannya hanya menggunakan sosial mediapun bisa dilakukan. Karena penerapannya hanya memerlukan fanpage untuk pintu iklan di facebook.

Membidik Demografi Ulang Tahun

Ulang tahun di facebook bisa kita bidik demograpinya dalam 3 jenis, seperti dibawah ini…

Berdasarkan ulang tahun yang akan datang

set upcoming yg artinya yang akan berulang tahun beberapa saat kedepan

Atau kita bisa juga set menjadi setiap notif ulang tahun ditiap bulannya

Atau juga bisa kita set berdasarkan demographi teman dekat dalam beberapa waktu kedepan

Sebenarnya banyak point bisnis yang bisa di gunakan dengan demographi ini, cuman yang umum dan jamak di Indonesia adalah toko online atau ecomerce. Nah bagaimana bentuk penawarannya ?

Bentuk iklan penawarannya

Penawaran atau offernya bebas tergantung ide dan produk toko online yang bersangkutan.

Misal :

  • Kupon Diskon xx% atau Rp xx.xxx,-
  • Tas / dompet / baju / jilbab keren dengan harga khusus bagi yang berulang tahun
  • Gratis Ongkir tanpa minimal pembelian
  • Beli 1 gratis 1 untuk yang berulang tahun
  • dll

Di samping bentuk offer yang menarik, tentu bentuk adset juga kudu menarik, intinya secara ikhtiar, kudu kita maksimalkan sesuai kaidah2 yang sudah ada.

Nah, apa yang diharapkan dari iklan dengan target ulang tahun di fb ini ? Banyak donk, masak zonk ? Contoh :

  • Menarik reaksi calon buyer yang berulangtahun
  • Retarget visitor website, jika kita menggunakan website
  • Memunculkan potensi pelanggan baru
  • Menarik pelanggan dari sisi yang lebih humanis
  • dll

Semua tidak serta merta berhasil ya, kudu menyesuaikan kaidah lainnya, dan karena saya bukan pegiat fb ads, saya hanya tahu yang umum saja, misalnya, audiencenya kudu sejenis dalam 1 niche ; dan teknik lainnya yang bisa anda tanyakan ke mentor fb ads anda 😛

Sisi pelengkap supaya lebih maksimal, mungkin bisa dipertimbangkan untuk ciptakan engagementnya, seperti

  • gunakan admin FP yang quick respon
  • konek an dengan messenger bot, (jika anda memiikinya) karena hal ini berguna buat follow up
  • ATAU anda buatkan landingpage khusus untuk targeting ulang tahun ini, kayaknya lebih keren, karena visitor akan lebih merasa wah.

Jelas semua usaha ini adalah ikhtiar semata, semua teknik ini adalah sedikit dari luasnya ilmu, ketentuan akhir tetap keputusan Allah SWT

Demikian share saya yang sedikit ini, dirangkum dari beberapa artikel dan kreatifitas, untuk mengulik detail iklannya, silahkan hubungi dokter fb ads terdekat ya 😛