Review Goral SN60 ini terlambat saya tulis, karena sedikit sibuk

Disini saya akan memberikan hasil review Goral SN60 Smartband. Beberapa minggu lalu saya membeli 3 unit smartwatch / smartband yang berbeda. Kenapa banyak banget ? Kebetulan saja, karena saya sekalian memesan pesanan teman, jadi supaya hemat ongkir dan durasi, sehingga saya jadikan dalam 1 order.

Produk ini saya order pada tanggal 26 Maret 2018, dan tiba ditangan saya kemarin tanggal 17 April 2018, jadi pengiriman menghabiskan waktu sekitar 20 hari.

goral sn60

alur order dan pengiriman

Harga Goral SN60 pada saat saya order, merupakan harga presale, yaitu $30 dengan menggunakan free shipping namun yang mempunyai fitur tracking seharga $2.14

Kenapa saya memilih Goral SN60 ?

Pertama karena kebetulan disaat itu harganya murah, sudah lisence waterproo IP68, durasi pakai yang lama karena hemat batere. Tampilan pertama saya melihat built qualitynya sangat mantap, ditambah dengan bentuk yang agak mirip amazfit BIP yang saat ini seharga 800 ribuan, kemudian chipset menggunakan Nordic, karena yang saya tahu merk ini terkenal dengan kemampuannya mereduksi konsumsi batere.

smartband

Nordic chipset

Packing jam ini sangat mewah ya, dibungkus kotak hitam ala packing smartphone premium. Konten terdiri dari 1 unit smartband + 1 charger dock + manual.

goral sn60

Charger dock SN60

Tulisan panduan dimanual sangat kecil sekali, bahkan saya harus menggunakan kacamata agar dapat membaca dengan baik. QR barcode aplikasi tersedia di buku manual tersebut, jadi saya tinggal arahkan kamera smartphone ke barcode dan install aplikasinya.

Aplikasi Goral SN60 menggunakan Fundo yang juga tersedia di Playstore.

Smartwatch ini sama dengan kebanyakan smartwatch yang lain, fungsinya bisa monitor :

Heart Rate Monitor – Blood Pressure Monitor – Blood Oxygen Monitor – Sleep Monitor – Pedometer – Distance – Calories – Support Running, Riding, Basketball, Swimming, Table Tennis, Badminton, Mountain climbing, Football – Sedentary Reminder – Call Reminder – Message Push – Anti-lost – Stopwatch – Remote Camera – Trun Wrist Bright Screen

Screennya menggunakan Led dengan size 0.96 inch, dengan kapasitas battery 150mAh, cukup untuk standby selama 60 hari, dan masa charge nya hanya memerlukan waktu 2 jam mulai 0 sampai 100%

Layar sentuhnya hanya beroperasi dengan ketukan ya, jadi bukan digeser geser layaknya smartphone. Cukup ketuk 1x untuk melakukan geser, dan ketuk agak lama untuk masuk kedalam menu yang kita pilih.

Kualitas unit sangat rapi, keren dan terlihat premium. Jam ditutup dengan kaca lengkung persis seperti Amazfit Bip, dan dibelakangnya plastik hitam solid dengan sensor dan 2 titik charger.

smartband

Tampak belakang SN60

Vibratornya bekerja dengan baik, walaupun tidak sekeras vibrator smartphone, jika teman teman adalah orang yang susah bangun, atau mempunyai kebiasaan tidur mati, maka vibrator alarm dari smartband ini menjadi sia sia.

Fitur push notifikasi bekerja dengan baik, hampir semua notif fb, WA, BBM, maupun email, masuk ke smartband dengan sukses, namun kita tidak akan menemukan konten notifnya, maksudnya adalah, notif hanya akan mengirim tanda bahwa ada reply di fb, atau ada wa dari si A, atau ada komen di twitter, tetapi tidak menampilkan apa isinya komennya, apa isi replynya, apa isi emailnya. Cukup disayangkan.

goral sn60

Built Quality

Sensor dibawah jam bekerja secara normal, dimulai dengan start hingga selesai, membutuhkan waktu sekitar 4-8 detik, maka sekitar durasi itu, kita sudah bisa mengetahui berapa tekanan darah kita dll. Masalah akurasi saya kurang paham, karena tidak ada data pembanding, dan juga saya tidak ada alkes yang bisa mengomparasi keakuratan hasil sensor tadi.

Diaplikasinya, kita bisa mudah memantau hasil sensor yang dilakukan oleh smartband, misal hasil cek tekanan darah, detak jantung, kalori pada saat kita berolah raga dll

smartband

Didalam aplikasi ini pula, semua pengaturan tersedia, aplikasi saja yang ingin kita push ke smartband, penyetingan alarm, remote kamera hingga fitur untuk update firmware smartband.

Mengenai update firmware, saya sudah melakukan kemarin, begitu buka paket, lgs saya update. Dan ternyata lama dan putus sambung. Sudah sekitar 34% koneksi putus, ulang lagi hingga 65% putus lagi. Dan ternyata, pada saat smartphone kita melakukan update, disaat yang sama smartphone mengirinkan data update ke smartband melalui blurtooth, itulah kenapa bisa menyebabkan lama.

Dan 1 lagi, disaat teman teman mengupdate, matikan semua notif medsos, email yang ada di smartphone, karena pada saat proses update, proses akan hanq atau mati atau ulang keawal jika ada notif fb, email, WA yang masuk ke smartphone.

goral sn60

Untuk masalah pajak jika kita membeli dari luar negri, ada peaturan baru kog. Selama produk yang kita beli termasuk ongkir dan asuransi  dibawah harga $100, maka akan bebas pajak. Namun jika lebih dari $100, kesemua harganya akan dikenakan pajak.

Contoh: kita membeli action figure seharga $98 dan dikenakan ongkir $11 dan asuransi $10, maka totalnya menjadi $119, maka yang dikenakan pajak adalah $119 (total harga). Berbeda dengan sistem pajak dulu sebelum berubah, maksimal pengenaan pajak barang luar adalah $50, artinya jika total belanja kita termasuk ongkir adalah $65, maka yang dikenakan pajak hanya selisihnya yaitu $15, udah paham khan ?

Jadi jika teman teman ingin membeli smartwatch ini bisa beli di link ini 

Demikian sedikit ulasan saya mengenai Hasil Review Goral SN60 Smartband

[Fake-notification id=2]

 

Goral SN60

600-an ribu
7.8

BUILT QUALITY

8.5/10

BATERE

7.5/10

DISPLAY

7.5/10

KELEBIHAN

  • Diameter pas di tangan
  • Anti Air
  • Charger sistem dock

KEKURANGAN

  • LED hanya 1 warna