Bisnis Online

Komparasi E-commerce Indonesia yaitu Bukalapak, Tokopedia dan Shopee

114
×

Komparasi E-commerce Indonesia yaitu Bukalapak, Tokopedia dan Shopee

Share this article
ecommerce di indonesia

E-commerce telah menjadi salah satu industri yang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee adalah tiga platform e-commerce paling populer di Indonesia saat ini. Dalam artikel ini, kita akan melakukan komparasi antara ketiga platform tersebut.

Sejarah Singkat

Bukalapak didirikan pada tahun 2010 dan fokus pada penjualan produk-produk dari UKM dengan misi untuk memperluas kesempatan penjualan bagi pelaku usaha kecil. Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan juga fokus pada penjualan produk-produk dari UKM sebagai bagian dari misinya untuk memberdayakan masyarakat Indonesia. Shopee didirikan pada tahun 2015 oleh Grup SEA (Garena), sebuah perusahaan teknologi Asia Tenggara.

Kategori Produk

Ketiga platform e-commerce menawarkan berbagai kategori produk seperti fashion, elektronik, kosmetik, dan masih banyak lagi. Namun, Tokopedia memiliki jumlah kategori produk yang lebih banyak dibandingkan Bukalapak dan Shopee. Selain itu, Tokopedia juga menawarkan layanan jasa seperti pembayaran listrik dan tagihan telepon.

Keamanan Transaksi

Keamanan transaksi adalah hal yang sangat penting dalam e-commerce. Ketiga platform memiliki sistem keamanan transaksi yang baik namun Tokopedia dan Shopee menawarkan jaminan uang kembali jika pembeli menerima barang cacat atau tidak sesuai dengan deskripsi. Hal ini memberikan rasa aman bagi pembeli yang berbelanja di platform tersebut.

Keamanan Transaksi
Keamanan Transaksi

Metode Pembayaran

Ketiga platform e-commerce mendukung metode pembayaran seperti transfer bank, kartu kredit, dan dompet digital. Namun, Bukalapak dan Tokopedia juga mendukung pembayaran melalui gerai minimarket seperti Indomaret dan Alfamart melalui fitur TokoPoints dan BukaDompet. Sementara itu, Shopee menyediakan fitur ShopeePay sebagai dompet digital resmi mereka.

Harga dan Promosi

Harga dan promosi merupakan faktor penting dalam memilih platform e-commerce. Ketiga platform tersebut sering menawarkan promo-promo menarik seperti diskon besar-besaran dan gratis ongkir. Namun, Bukalapak sering menawarkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Tokopedia dan Shopee untuk produk-produk tertentu.

Aplikasi Mobile

Ketiga platform e-commerce memiliki aplikasi mobile yang dapat diunduh secara gratis.

Aplikasi Mobile
Aplikasi Mobile

Aplikasi Bukalapak dan Shopee memiliki rating yang hampir sama, sementara aplikasi Tokopedia memiliki rating yang lebih tinggi di Google Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.