Membuat gambar produk cara newbie

Para pebisnis online dengan niche jualan produk sudah jelas memasukkan gambar produk menjadi 1 item yang harus di kedepankan.

Karena dengan image produk yang bagus dan detail minimal akan menggambarkan kualitas produk disamping caption / deksripsi produknya.  Membuat gambar produk merupakan hal yang jamak, para penjual online yang hanya mengandalkan copas image dari iklan, dari pihak ketiga ataupun melakukan grabbing dari kompetitor, makanya banyak bertebaran image image produk di internet, yang lengkap dengan watermark, disamping mempunyai fungsi branding bagi pemilik watermark, juga menjadi salah satu cara untuk mengunci “pengambilan” image.

Apakah salah dengan cara copas? Selama itu didapat dari iklan yang rilis resmi dari pihak marketing produk itu sendiri, …jelas tidak. Membuat gambar produk
Apakah salah dengan copas dari kompetitor ? gambar ini sebenanya sudah masuk ranah abu abu, bisa salah bisa tidak, si A omong X, si B bisa saja claim Y, artinya flexible, semua bisa diatur “sesuai kepentingan anda” gambar 
Khusus untuk pebisnis dropship, masalah ini agak susah, nah bagaimana jika anda adalah pebisnis online yang memang mempunyai produk sendiri ? Sudahkah anda mengemas image produk anda sehingga bisa “menjual” dan “menarik”
Membuat gambar produk cara newbie

Membuat gambar produk cara newbie

Menarik dan menjual tentunya adalah hal yang relatif, tetapi goal yang kita targetkan adalah,
  • utk mendapatkan ilmu baru,
  • image kita berkualitas,
  • berbeda dengan kompetitor dan
  • tentunya eyecatching dimata konsumen.
Percayalah …. buyer Indonesia itu suka dengan image yang cetar, walo agak lebay lebay dikit, kemudian warna yang hidup dan juga angle yang awesome, nah kalo 3 hal ini udah kena, niat awalnya iseng, bisa berubah menjadi ke minat untuk beli gambar

Masalah closing…. ? Serahkan pada Allah SWT

Disini saya akan share sedikit pengetahuan newbie YANG MUNGKIN sudah banyak dilakukan oleh orang lain diluaran sana, …..kamu belum tahu ? Yuk kita bahas sedikit ….
Point penting yg perlu disediakan dalam membuat foto produk menurut saya adalah :
  1. Produk
  2. Cahaya
  3. Kamera
  4. Background
Produk no 1 ngga perlu dibahas ya, karena memang itu point utama, kalo ngga ada produk mau foto apa ?
No 2 adalah cahaya, karena berperan penting untuk mendapatkan detail produk dan light yang proporsional. Sebagus apapun kamera anda, jika cahaya minim, akan susah untuk mengunci objek dan mengganggu detail produk.
Untuk kamera, ngga perlu harus menggunakan kamera pocket, atau mirrorless atau DSLR kog, hanya dengan kamera smartphone pun bisa, yang penting kualitas lensanya cukup bagus. Membuat gambar produk
Nah kenapa background saya letakkan dibelakang ? karena background itu bebas, anda bisa pakai bg bisa juga tidak, sesuai mood kog, anda bisa menggunakan background apapun juga asalkan bisa “kawin” dengan gambar produk.
So, kita akan bahas bagaimana mendapatkan semua item diatas dalam 1 paket.
Teman teman cukup sediakan [baca = beli] MINI STUDIO yang bisa di marketplace Indonesia, harganya variatif, mulai dari 60rb – 300 rb an.
Membuat gambar produk cara newbie
Untuk ukuran yang termurah, sekitar 23 x 21.7 x 25.5 cm, cukup untuk memfoto image kecil, seperti handphone, parfum, powerbank, pisau, kacamata, dompet dll yang dimensinya mirip mirip.
Rata2 sudah include dengan lampu led yang terkoneksi dengan usb. Dan utk harga yg termurah, background sudah disediakan 2 layer polos, hitam dan putih. Untuk powernya, teman teman bisa menggunakan powerbank atau colokan usb dilaptop. Membuat gambar produk
Untuk yg ingin background bervariasi, juga sudah ada yang menjual, harga sekitar 30- 50 rb / bg, tetapi saya lebih cenderung untuk membuat sendiri karena lebih murah dan lebih custom, yaitu dengan cara, cari image di internet yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudian print di kertas HVS / Matte paper / glossy paper.
Membuat gambar produk cara newbie
Ini adalah sistem yg mudah dan singkat, karena kita tidak lagi dipusingkan dengan cahaya ataupun penataan accesories produk. Kita murni dibantu oleh sistem perangkat yang siap pakai. Teman teman hanya tinggal mengatur produk dan siap jepret.
berikut hasil foto yang saya hasilkan dari kamera smartphone dan menggunakan box studio 60 ribuan serta background hasil print.
gambarMembuat gambar produk cara newbie