Kalo kita bicara asli atau original, artinya kita bicara originalitas suatu merk. Bukan originalitas bentuk barang.

Kadang ada pendapat yang mengaburkan hal ini. Alih mengakui ketidakasliannya, malah ngeles dengan halus, “lha itu kan asli tas mas, asli dr china”

Kalo kita berbicara barang branded, artinya barang yang mempunyai merk yang sudah terkenal famousnya, artinya kita bicara tentang ke-orisinalannya. Barang bermerk hanya ada dua jenis, asli/original dan palsu/kw. Sedangkan kw super, kw grade A, kw premium bla bla itu hanya turunannya aja.

Artikel ini mungkin bisa dibilang sambungan dari artikel saya sebelumnya mengenai fenomena lelang di Instagram yang bisa di baca disini.

Namun sekarang saya mencoba mengupas dari sudut pandang produk yang kebetulan saya menangkan di dalam lelang. Awalnya saya sudah feeling kog, bahwa ini barang aspal, asli tapi palsu, cuman membuat asumsi berlebihan tidak bijak juga, mending kita ambil produknya dan kupas secara detail kan

Dalam rangka observasi kemarin, saya memenangkan 3 produk, salah satunya adalah dompet. Dompet dari brand Gucci yang kita ketahui bersama adalah brand mewah dari Italia yang dibuat oleh Guccio Gucci di Firenze pada tahun 1921.

Secara sepintas, sudah terlihat kog kalo itu adalah aspal. Kenapa saya bilang aspal ? Karena dalam photo tampilan lelang, disertakan paperbag dengan tulisan Gucci, ada box, ada card, ada paper warranty berbentuk stensil, ada pouch dengan warna senada yaitu hitam.

Produk seperti ini, setelah saya cek di marketplace, dibandrol dengan harga variatif, mulai dari 150 ribu hingga 300 ribu-an.

Photo produk Lelang di IG

Namun harga BUY NOW diletakkan di angka 2 juta rupiah. Padahal yang saya tahu harga Gucci signature long wallet seperti diatas berkisar diantara 9 – 11 juta

Apa fungsi angka 2 juta ? Seperti yang saya bilang di artikel sebelumnya, yaitu untuk keperluan comsume psycologist. Nalar kita langsung hilang, dan nafsu bid muncul, karena angka 2 juta saja sudah termasuk mahal bagi sebagian masyarakat kita, nah apalagi open bid diletaakan angka 100 ribu. Umumnya, para bidder berpikiran, menang diangka 1 juta aja mereka merasa murah, karena adanya harga limitnya 2 juta.

Paket yang sudah saya terima

Mari kita bahas, dimulai dari paper warranty warna coklat. Kertasnya tebal dan text kelihatan banget kalo hasil sablon, sangat kentara kog. Tulisan pun ada kesalahan, PAYMENT menjadi PAYNMENT, cuman saya ngga sempat foto.

Barcode di atas sebelah kiri sebagai simbol, bahwa produk ini siap di tembak barcode atau asli. Dan setelah saya dgn barcode scanner, larinya ke http://louisvuitton.cn. Keren kan? Sampai hal sedetail ini mereka pikirkan, walaupun larinya salah alamat.

Kenapa bisa salah, yah karena sudah menjadi salah satu resiko dari mass product, apalagi kalo QC nya minim.

Artinya pabrik di china ini tidak hanya memproduksi merk Gucci, tp juga LV, YSL, Coach, dll. Dan acesories pendukungnya pun di produksi massal, mungkin kesalahan dalam pengepakan aja hehehehe

Sedangkan barcode yang ditempel di box dompetnya masih jujur, keluar link tulisan web Gucci, tapi gucci produksi china, yaitu http://gucci.cn

Bagaimana? Udah dapat gambaran sdikit kan ?

Parfum yang dilelang pun rata rata source Singapore, dan mereka rata rata jujur dengan meletakkan caption SG Original. Kalo di marketplace Indonesia harganya berkisar antara 75 – 150rb per 100ml.

Produk lain gimana mas ? Rata rata sama kog. Apa yang sedang trend saat ini ? tshirt dan hoodie NASA ? Di marketplace harga berkisar antara 80 – 175rb kog, saya sudah crosscek, pic yang dipasang di postingan IG sama persis dengan di marketplace.

Apalagi ? produk Jordan nya Nike ? Biasanya ada slingbag, backpack kan ? Sami mawon !! Sepatu Adidas ? Tas Adidas Issey Miyake ? Podo wae mass….. 😛

Yang agak susah dibilang kw itu adalah produk elektronik yang premium, karena para pelelang ada juga melelang iphone, mulai dari seri 7 sampe 12 max. Macbook dan Ipad pun banyak. Hanya saja, iphone masih bisa disinyalir porduk HDC (KW super grade A+), makanya kita kudu banyak referensi untuk mengetahui asli atau kw-nya.

Yang agak susah adalah Ipad, dan Macbook, karena rata2 ini barang titipan lelang, dan seperti yang kita tau, 2 produk ini ngga ada deh kw nya

Cuman …..

Di beberapa testimonial yang saya lihat, rata rata testi adalah laporan tentang paket lelang yang diterima berbentuk fashion, ntah itu parfum, tshirt, hoodie, sepatu, jam tangan dll. Iphone pun ada, namun sangat sedikit. Yang hampir tidak terlihat adalah testi tentang diterimanya macbook atau ipad dari pserta lelang, atau mungkin saya yang kurang teliti ?

Jam mewah Sevenfriday pun sama, produk asli seharga 32 juta-an ini, kw super grade A nya di marketplace berharga 1.5 jutaan. Kog mahal mas ? Karena sangat mirip sekali 1:1. NFC nya pun tembus jika kita cek. Kotak beserta acesoriesnya sama persis. Finishing produk licin mulus real seperti asli. Mesinnya pun sama yang dipakai aslinya yaitu, Miyota Jepang. Nah, kadang hal beginian ini yang bikin orang ngiler, ngga papa dah kw yang penting skala 1: 1.

Ok deh , sekian dulu artikel yang saya buat ini.

Kalimat bijak saya adalah, perbanyak referensi tentang suatu produk. Jangan mudah tergiur dengan harga dan caption.