Masih tentang lelang di Instagram, yang kali ini saya ingin membahas tentang kesamaan / keakuratan / ke-identik-an produk yang kita menangkan dilelang, dengan barang yang dikirim.

Perlu saya ulangi, beberapa waktu lalu, dalam rangka observasi tentang fenomena lelang ini, saya mengikuti lelang di 2 akun lelang yang berbeda. Di1 akun saya mendapatkan 1 barang dan yang 1 nya mendapatkan 2 barang.

Dan dari kedua akun itu, saya mendapatkan kiriman barang yang sesuai dan identik dengan produk yang saya menangkan lelangnya. Anggaplah saya menang gantungan kunci logo Mercy dari kulit, maka barang yang saya terima juga seperti itu, sama persis.

Deksripsi di akun lelang A sangat detail dan jujur apa adanya tentang kualitas produknya. Sedangkan di akun lelang B, desktipsinya agak berlebihan, namun saya sudah tahu berapa harga asli dari produk yang dilelangkan. Jadi selama bid saya masih dibawah harga real, saya masih diuntungkan secara nilai, dan juga diuntungkan secara aksi, karena saya dalam rangka observasi.

Namun, setelah itu saya ada lagi mengkuti kembali lelang dengan akun lelang yang ketiga. Setelah survey stories, cek jumlah postingan, cek umur akun, untuk pandangan pertama saya merasa normal aja dengan akun ini.

Saat itu saya memenangkan 2 produk, yang saya sudah tahu, bahwa itu produk biasa, tidak seheboh caption dengan penempatan harga BUY NOW yang mahal. Itu produk ala ala ori, bahkan mendekati ori, dan bejibun banget di marketplace.

Nama akun tetap saya samarkan, walopun sudah berbuat wanprestasi, itu murni itikad baik saya untuk tidak secara frontal menjudge

Saya disini hanya berusaha berbagi cerita, bahwa mengikuti lelang di Instagram itu seperti ini lho, silahkan ambil baiknya dan berhati hati. Ok kita lanjut ya

Produk Lelang Pertama

Pertama saya menang produk seharga 75.000, yaitu Waistbag Jordan berwarna merah, ditampilkan tampak depan dan penampakan buckle yang ada sablon logo jordan.

Dan barang yang saya terima adalah seperti ini :

warna putih
tanpa sablon

Artinya barang yang dilelang dan yang dimenangkan berbeda dengan barang yang dikirim.

Produk Lelang Pertama

Produk kedua yang saya menangkan di akun lelang Instagram yang sama, adalah tas sling dari YSL ( sangat jelas kw), dengan warna hitam dan ada motif garis horisontalnya

Tampilan produk lelang tas YSL

Setelah barang dikirim, yang diterima malah seperti ini ….

motif dan warna berbeda jauh dengan postingan lelang

Dan perlu juga saya beritahukan, lelang diclose tanggal 3 Juni 2021 malam, dan barang diterima sekitar tgl 14 Juni 2021, artinya 10 hari baru sampe.

Analisa Metode

Analisa saya sementara adalah, para pembuat lelang sebenarnya tidak memiliki stok barang yang dilelang (kebanyakan) , mereka hanya mendisplay produk, dan baru order ke marketplace jika sudah ada pemenang (asumsi sementara) dan dikirim sebagai dropshipper, yang artinya nama akun lelang IG ini yang muncul di manifest pengirim.

Kenapa ?

Karena diaat H+2 dan H+3 paska transfer, resi tidak bisa mereka tunjukkan, yang mungkin seller di marketplace belum memberikan ke mereka. padahal diawal pendekatan transfer, mereka selalu menyebutkan bahwa resi bisa diberikan saat H+3

Saya disini hanya berusaha berbagi cerita, bahwa mengikuti lelang di Instagram itu seperti ini lho, silahkan ambil baiknya dan berhati hati.

Kembali saya ingatkan, jika ingin mengikuti lelang di Instagram, silahkan cek dan ricek harga produk yang akan di ikuti. Karena sepanjang pengamatan saya selama ini, rata rata produk fashion, seperti tas, sepatu, perhiasan, jaket, tshirt dll, sangat banyak dijual di marketplace, dengan harga yah terjangkau. Berbeda jauh jika dimasukkan ke lelang, harga BUY NOW nya akan meningkat drastis untuk keperluan marketing caption.

Maka, berhati2 lah, silahkan ikut lelang, namun dengan nafsu dan pikiran yang terkontrol