Hosting

Web Hosting Down Bisa Disebabkan Beberapa Aspek

97
×

Web Hosting Down Bisa Disebabkan Beberapa Aspek

Share this article
Hal yang Berpotensi Menyebabkan Web Hosting Down

Jika Web hosting down tentu saja akan sangat mengganggu pengunjung dan pemilik website. Berbagai hal yang bisa menyebabkan down pada hosting, baik yang disebabkan faktor eksternal maupun internal. Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab down-nya hosting adalah malware.

Seperti yang baru baru saja terjadi, jasa penyedia hosting Dewabiz mengalami gangguan server, sehingga layanan mereka menjadi drop. Dan ini merugikan banyak pelanggan setia dari Dewabiz, dengan banyaknya bermunculan postingan keluhan mereka di sosial media.

Tidak sedikit teman teman saya yang galau dengan errornya layanan ini. Mereka mengeluhkan kondisi ini di beranda media sosial masing masing.. Ada beberapa isu atau bahkan press release resmi dari Dewabiz, bahwa datacenter mereka sedang terkena malware. Hingga artikel ini diturunkan, Dewabiz masih bekerja maksimal untuk memperbaiki layanan hosting mereka. Semoga cepat teratasi segera.

Dewabiz mengalami gangguan
Dewabiz mengalami gangguan

>>> Cara Memilih Hosting Yang Bagus Untuk Website Kita

Ok, kita kembali ke malware. Malware adalah program komputer berbahaya yang diciptakan oleh hacker atau penjahat siber dengan tujuan untuk merusak atau mencuri informasi dari sistem komputer. Biasanya, malware menyerang melalui celah keamanan pada CMS, script, atau plugin yang digunakan. Dan jika malware berhasil menginfeksi hosting, maka akan membuat performa hosting menjadi terganggu bahkan membuat Web Hosting down secara total.

Malware bisa menyebabkan Web Hosting down dengan cara mengganggu kinerja atau merusak sistem dan data di dalam hosting. Ada beberapa jenis malware yang bisa merusak sistem hosting, antara lain:

DDoS (Distributed Denial of Service) attacks

DDoS adalah teknik serangan siber yang dilakukan dengan menggunakan banyak perangkat atau komputer zombie untuk mengirim lalu lintas internet yang besar ke server hosting sehingga menimbulkan overload pada server. Akibat dari serangan DDoS, server hosting akan mengalami down karena tidak dapat menangani jumlah lalu lintas yang tinggi tersebut.

Botnets

Botnets adalah jaringan perangkat terkait yang dikendalikan oleh peretas untuk tujuan jahat. Botnets dapat menyebarkan virus, menyerang server dan merusak data. Saat botnets dikirim ke server hosting, mereka dapat dengan mudah merusak atau mengambil alih server hosting dan menyebabkan jatuhnya performa hosting atau bahkan down-nya total.

serangan malware
serangan malware

Ransomware

Ransomware adalah jenis malware yang menyerang server hosting dengan cara mengenkripsi atau mengunci data yang penting, sehingga pemilik hosting tidak dapat mengakses data tersebut kecuali jika membayar tebusan atau ransom yang diminta oleh peretas. Ransomware dapat membuat server hosting menjadi tidak bertenaga atau bahkan mengalami down, jika pemilik hosting memilih untuk tidak membayar tebusan.

Malware yang merusak data atau sistem

Malware jenis ini dapat dirancang dengan tujuan merusak sistem komputer atau mengganggu performa server yang terhubung dengannya. Contoh malware yang bisa merusak sistem di dalam server adalah virus, worm dan trojan. Jika malware ini berhasil masuk ke dalam hosting, maka server dapat mengalami down akibat kerusakan yang ditimbulkan.

>>> Kualitas hawkhost tidak sama dengan yang dulu

Dalam melakukan serangan, malware biasanya akan mencari celah keamanan pada CMS, script, atau plugin yang digunakan pada hosting untuk menginfeksi hosting tersebut. Malware juga bisa menyebar ke server hosting melalui email, link download, atau media sosial. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu memperbarui perangkat lunak dan sistem keamanan hosting agar lebih tepat dalam mencegah masuknya jenis-jenis malware ke dalam server.

Namun, tidak hanya malware, masih ada berbagai faktor lain yang bisa menyebabkan down-nya hosting. Berikut beberapa faktor lainnya:

Beban Server yang Berlebihan

Jika hosting yang digunakan memiliki kapasitas server yang kecil, maka akan sangat sensitif terhadap beban traffic pengunjung. Hal ini bisa menyebabkan server menjadi overload dan akhirnya mengalami down.

Gangguan pada Sisi Jaringan Sehingga Web Hosting Down

Jaringan hosting adalah teknologi yang sangat penting dalam menghubungkan beberapa server yang terletak di lokasi yang berbeda. Jadi, jika terjadi masalah pada jaringan hosting, maka akan menyebabkan down-nya server.

Masalah pada Perangkat Keras Bisa Juga Membuat Web Hosting Down

Hal lain yang bisa menyebabkan down-nya hosting adalah terdapat masalah pada perangkat keras. Bisa jadi hard disk atau RAM server mengalami kerusakan atau upgrade yang dilakukan tidak sesuai.

Human Error

Kesalahan manusia seperti setting yang kurang tepat atau salah konfigurasi server juga bisa menyebabkan down-nya hosting.

Human Error
Human Error

Melihat berbagai faktor penyebab down-nya hosting, tentu sangat disarankan untuk segera melakukan tindakan pencegahan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan antara lain:

Memperhatikan Pilihan Hosting

Jangan asal pilih hosting, karena kapasitas server atau bandwidth yang terlalu kecil bisa mendorong terjadinya down-nya hosting.

Memantau Kinerja Hosting

Lakukan monitoring dan pengawasan secara berkala terhadap kinerja hosting agar bisa mendeteksi apabila ada gejala terjadinya down pada hosting.

Memilih Sistem Keamanan yang Terbaik

Pastikan hosting yang digunakan terdapat sistem keamanan yang terbaik. Selalu perbarui CMS, plugin, atau script yang digunakan secara berkala untuk meminimalisasi risiko serangan malware atau hacking.

Kesimpulannya, down-nya hosting bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti beban server yang berlebihan, gangguan pada sisi jaringan, masalah pada perangkat keras, human error, dan juga serangan malware. Oleh karena itu, pemantauan secara berkala dan ketentuan keamanan yang ketat dapat dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan down-nya hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

dunia hosting
Hosting

Hosting adalah layanan yang memungkinkan website atau aplikasi…