Bolu Gulung Enong Yang Fenomenal

by -
Bolu Gulung Enong Yang Fenomenal

Bagi penduduk Martapura dan Banjarbaru tentu tidak asing dengan bolu gulung Enong. Dimulai dari sekitar era 2013-an, Hj Enong mulai merintis usaha kue dengan andalan bolu gulung.

Dari rumah di jl Martapura Lama, persis pinggir sungai Martapura, dan juga melewati Pondok Pesantren Darussalam untuk menuju lokasi. Awal berdiri, harga bolu gulung Enong masih sekitar 17.000 kalo tidak salah. Saya pun mungkin merupakan pelanggan awal yang merasakan harga awal.

Bolu Gulung Enong Yang Fenomenal

Dengan sistem home industri rumahan, dihalaman dan teras penuh dengan bahan pokok kue, seperti tepung, margarine, telur dengan kuantitas yang sangat banyak.

Progress Bolu Gulung Enong

Menginjak 2015-an bolu gulung Enong mulai banyak dikenal orang, dengan banyaknya ditemukan penumpang pesawat di Bandara Syamsuddin Noor yang membawa plastik kemasan Hj Enong, yang mungkin dibawa sebagai oleh oleh dari Kalimantan Selatan.

Dijalan menuju luar kota seperti Binuang, Kandangn dst, mulai ditemukan bolu gulung Enong dijajakan dipinggir jalan, di toko2 oleh oleh. Sehingga pengguna jalan yang ingin bepergian, bisa membelinya di toko2 tersebut.

Di momen hari raya pun, tingkat pesanan bolu gulung Enong mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Kenapa saya tau? Karena saya mengalami sendiri, dalam arti, saya ikut melakukan pesanan jika mendekati hari raya Idul Fitri atau Idul Adha.

Fenomena Bolu Gulung Enong yang laris manis

Namun, dalam beberapa tahun ini, sistem book untuk bolu gulung ini mungkin agak susah jika dilakukan mendekati hari raya. Mungkin karena sudah mengakarnya nama bolu gulung enong dalam segi rasa dan harga, maka pelanggan militan sudah sangat banyak di area anglomerasi Banjarmasin – Banjarbaru – Martapura.

Pemesanan atau pembelian di H-2 yang dilakukan di workshop Jl Martapura Lama maupun di tenant2 Hj Enong kudu melewati sistem antrian. Oh ya, perlu saya jelaskan, bahwa Hj Enong ini sudah mempunyai beberapa cake showroom berupa ruko yang tersebar di beberapa kota di Kalsel.

Saking membludaknya permintaan bolu gulung di hari raya, maka setiap pembeli dibatasi hanya bisa membeli 2 box. Walaupun dalam 1 hari ada sekitar 5-6x pengiriman kue, namun antrian tetap saja terlihat, sehingga manajemen toko memberlakukan sistem pembatasan

Bolu Gulung Enong

Sehingga bisa dikatakan, Bolu Gulung Enong ini sangat berhasil menjadi salah satu ikon oleh oleh atau berhasil menjadi suatu brand dalam bidang kuliner kue di Kalimantan Selatan

Bolu Gulung Enong

Jika anda berkunjung ke Kalimantan Selatan, khususnya ke kota Banjarmasin atau Banjarbaru, tidak lengkap jika anda tidak mencicipi atau membawa Bolu Gulung Enong sebagai oleh oleh kepada keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.