Hal yang diperhatikan jika ingin mengganti theme website

2
Ganti theme website | Reviewkita.com

Alasan dalam mengganti theme website

Mengganti theme website atau template website adalah hal yang mungkin saja terjadi. Biasanya dipengaruhi beberapa hal, misal :

  • Bosan dengan theme yang ada
  • Menemukan theme yang lebih bagus
  • Theme yang terinstall tidak update
  • Merasa cocok dengan desain theme terbaru
  • dll

Jika website kita baru seumur jagung, misal baru online sekitar 2-4 bulan, tidak akan memperngaruhi hal yang lain secara signifikan. Namun apa yang terjadi jika website kita sudah berumur lebih dari 1 tahun dan kita ingin mengganti theme website ? Dimana index domain kita sudah bagus. Artikel kita sudah nangkring mesra di Google dll ?

Apakah mengganti theme website akan mempengaruhi kualitas SEO dari website kita ?

Yang akan terjadi dalam penggantian theme website

Mengganti theme website tetap akan mempengaruhi nilai SEO anda, namun apakah itu menjadi bagus atau malah jelek, tergantung dari prosesnya.

Khusus untuk website berbasis WordPress, kita harus tau dulu, apakah SEO website kita di lakukan oleh pluginWP atau theme WP. Karena di dunia per-wordpress-an, bejibun banget plugin dan theme yang sangat membantu dalam peningkatan SEO.

Misal, saat ini kita menggunakan theme WP dengan nama “Sleng” yang mempunyai fitur SEO friendly sebagai andalan, maka kita tidak perlu memasang plugin SEO lagi, cukup andalkan kemampuan theme itu untuk menghandle SEO nya.

Nah, justru saat kita sudah lama menggunakan theme yang SEO friendly ini, dan jika menggantinya akan sedikit mempunyai impact kepada SEO kita.

Yang perlu diingat adalah, saat kita mengganti theme website, kadang kita akan menemukan beberapa kasus, misal :

  • Kehilangan beberapa setingan kustom di theme yang lama
  • Perubahan di heading tags, yang sangat berimbas kepada SEO artikel yang sudah lama
  • Adanya beberapa postingan yang de-index
  • Kecepatan loading website berubah
  • Dll

So, jika kita keukeuh ingin mengganti theme website, perlu memperhatikan hal berikut ini, minimal menjadi acuan, supaya perbahan theme tidak berimbas terlalu banyak.

  • Pastikan theme tersebut SEO friendly
  • Cek speed loading theme tersebut sebelum di apply di website kita
  • Perhatikan penggunaan sidebar, semakin banyak sidebar, misal kiri dan kanan, akan sedikit mempengaruhi speed.
  • Backup setingan SEO di plugin website anda, untuk di import saat merubah ke theme baru

Platform WordPress sangat banyak memiliki theme yang keren dan indah, tetapi sedikit yang SEO friendly. Kebanyakan menggunakan konsep desain yang fantastis, fitur yang wah, tetapi kurang dalam pengkodean yang bersih dan ramah SEO. Oleh karena itu, untuk membuat situs web yang SEO friendly kita harus memilih tema yang memiliki fitur SEO bawaan untuk meningkatkan peringkat SEO website kita.

Setelah mengimport theme baru, silahkan di preview dulu, biasanya disini nanti akan muncul error jika ada kesalahan yang terjadi, mungkin saja konflik dengan plugin yang ada.

Intinya, jika pemilihan theme nya bagus dan melalui perhitungan matang, perubahan theme website kadang malah bisa memperbaiki bahkan meningktakan kualitas SEO dibanding penggunaan theme yang lama.

2 comments

  1. Jefry 2 September, 2020 at 12:26 Reply

    ane baru ganti tema wordpress nih gan, dan benar aja mengalami deindex parah. Padahal tema baru yang ane gunakan itu versi premium asli berbayar dan saya pastikan SEO friendly dan Speed versi gtmetrix 97 90.

    Kira-kira berapa lama baru normal kembali ya indexnya gan? Baru kemarin sih gantinya alias 1 hari. hehehe.

    • Review Kita 14 October, 2020 at 10:12 Reply

      perlu waktu sih oom, karena theme lama sudah terkunci dengan search engine. jadi perlu waktu supaya bot google meng-crawl ulang web dirimu. Berapa lamanya sih relatif, tergantung trafic juga

Post a new comment

1 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pembuatan Website untuk area Tambak Sarioso

Website saat ini sudah merupakan sebuah kebutuhan. Bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Contoh untuk pendidikan, usaha, bisnis, pribadi, kesehatan, toko online, transportasi dll Disini reviekita ...