Sebelum berbicara mengenai pentingnya sebuah database, alangkah baiknya kita memahami arti data dulu

Apakah data itu ?

Dengan kata yang sederhana, data adalah fakta2 yang berkaitan dengan objek apapun yang menjadi pertimbangan. Misalnya nama Anda, usia, tinggi badan, berat badan, dll. Maka itu disebut beberapa data yang terkait dengan Anda.

Nah sekarang, apakah database itu ?

Database adalah kumpulan data yang sistematis yang mendukung penyimpanan elektronik dan juga manipulasi data.

Contoh dari database misal :

Handphone kita menggunakan database untuk menyimpan data orang, nomor telepon, dan detail kontak lainnya. PLN menggunakan database untuk mengelola penagihan, masalah terkait klien, menangani data kesalahan, dll.

Bahkan dalam dunia marketing atau digital marketing, semua data seperti no WA, link facebook, akun IG juga disebut dengan database dari seorang klien, karena dari sanalah kita bisa menghubungi mereka

Berbagai Macam Type Database

Secara umum, database dibagi dalam berbagai type tertentu sesuai keperluannya

Distributed databases:

Adalah jenis database yang memiliki kontribusi dari database umum dan informasi yang ditangkap oleh komputer lokal. Dalam sistem basis data jenis ini, data tidak berada di satu tempat dan didistribusikan di berbagai organisasi.

Centralized database:

Database dengan lokasi terpusat, dan pengguna dari latar belakang berbeda dapat mengakses data ini. Jenis database komputer ini menyimpan prosedur aplikasi yang membantu pengguna mengakses data bahkan dari lokasi yang jauh.

Cloud databases:

Database cloud adalah database yang dioptimalkan atau dibangun untuk lingkungan virtual seperti. Ada begitu banyak keuntungan dari database cloud, beberapa di antaranya dapat membayar kapasitas penyimpanan dan bandwidth sesuai keinginan.

Personal database:

Basis data pribadi digunakan untuk menyimpan data yang disimpan di komputer pribadi yang lebih kecil dan mudah dikelola. Data tersebut sebagian besar digunakan oleh departemen perusahaan yang sama dan diakses oleh sekelompok kecil orang.

Dan jenis2 database lainnya.

Secara umum, penggunaan database ini sangat penting dan memudahkan bagi kita. Contoh lebih simple lagi adalah, catatan belanjamu jika akan pergi kepasar juga merupakan database dalam skup kecil.

Dulu sering kita dengar istilah grab data from facebook, atau dari google. Yang secara harfiah, kita mengambil atau mengcollect kumpulan data yang kita inginkan dalam berbagai variabel, misal kita ingin menarik no telp, alamat email dll

Jika anda teliti, didalam google maps itu banyak terdapat database. Jutaan bisnis, jutaan manusia meletakkan direktori atau marking usaha mereka di peta online tersebut.

Misal : dalam 1 kota sebut saja kota Banjarmasin, akan banyak database rahasia yang tersimpan disana. Ok, kita kerucutkan kota Banjarmasin menjadi salah 1 kecamatan, misal Banjarmasin Timur. Di kec Banjarmasin Timur tersebut banyak direktori bisnis yang bisa kita ambil.

Ada puluhan bahkan ratusan usaha laundry yang mendaftarkan bisnis mereka dengan harapan terkoneksi dengan google. Mereka akan menginput nama usaha, no telp, akun IG dll disana. Itu baru usaha laundry, belum yang lain, misal salon, bengkel motor, dealer mobil dan sebagainya

Saya akan memberikan cara bagaimana menarik ribuan database tersebut dari google map, bisa dibilang database itu adalah harta karun bagi usaha tertentu.

Bayangkan aja, kita bisa menarik ribuan bahkan jutaan database dari tiap kecamatan sesuai dengan target yang kita inginkan 🙂

Berminat ? atau mau menunggu ?

Update-an nya dalam beberapa hari akan saya letakkan nanti di sini >>>>

Happy waiting